Minggu, 05 Juni 2016

Infografis Haji: Model Penyampaian Informasi yang Mudah Dipahami

Jakarta (Sinhat)--Berupaya meningkatkan pelayanan kepada publik, Kementerian Agama (Kemenag) melakukan gebrakan terbaru. Itu adalah sebuah program Infografis guna mengetahui peningkatan layanan haji dan informasi terkininya.

"Infografis ini sebagai salah satu media untuk menyampaikan kepada masyarakat, tentang peningkatan layanan haji yang sudah dilakukan Kementerian Agama," ujar Kasubag Informasi Haji Kementerian Agama Affan Rangkuti kepada Sinhat dalam rapat review produk media dan peluncuran infografis haji di Gedung Siskohat, Jumat (03/06/2016).

Sebelumnya program informasi tentang haji, kata Affan, sudah ada. Tetapi terkadang sesorang membacanya tidak semuanya suka. Jadi, oleh karena itu dari semua aspek selera publik, kami upayakan.

"Biasanya kalau mereka di suruh baca Peraturan Menteri Agama (PMA) masyarakat malas, nah di sinilah salah satu aspek memberikan kebutuhan kepada mereka agar lebih simple," tambahnya.

Tak sampai di situ saja, Affan mengaku, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah pun menyampaikan bahwa peningkatan layanan haji ini dilakukan dalam bentuk infografis agar lebih mudah disampaikan serta lebih enak dibacanya.

"Jadi model ini adalah salah satu model cara menyampaikan informasi kepada masyarakat," tambahnya.

Hal senada juga dikatakan oleh praktisi media Agustanto Imam Suprayogi mengatakan tujuan adanya infografis ini untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat terkait informasi kepada jemaah haji.

"Presiden kita ini adalah sosok pembaca cepat. Nah inilah (infografis) salah satu media untuk mempermudah Presiden mengetahui hasil kinerja para menteri, termasuk Kementerian Agama. Kan kinerja Kementerian Agama terus meningkat, termasuk tentang haji juga banyak mengalami peningkatan layanan, ini sangat bagus di infografiskan," kata Agus. (adam/dz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar