Senin, 18 April 2016

Merasa Ditelantarkan, 86 Jamaah Umrah Pulang dengan Biaya Sendiri

YOGYAKARTA – Sebanyak 86 jamaah umrah terpaksa pulang ke tanah air dengan biaya sendiri dari tanah suci setelah menjalankan ibadah. Hal ini terjadi setelah mereka menjadi ditelantarkan pihak travel bernama Rindu Robbi, yang memberangkatkan mereka.

Salah seorang jamaah umrah, Bentar Putra mengungkapkan, dirinya bersama rombongan pada 29 Februari 2016 berangkat dari Jakarta ke Mekah melalui Malaysia. Mereka diinapkan terlebih dahulu di sebuah hotel tidak jauh dari Bandara Soekarno Hatta. Pada tanggal 1 Maret 2016, mereka baru diberangkatkan ke Malaysia.

“Kami dijanjikan untuk city tour. Kami dijadwalkan berangkat ke Jedah tanggal 2 Maret 2016,” katanya kepada wartawan, Rabu (16/3/2016).

Rombongan akhirnya baru diberangkatkan pada 6 Maret 2016. Para jamaah diberangkatkan dalam dua kelompok terbang (kloter). Kloter pertama berjumlah 57 orang diberangkatkan pada 6 Maret 2016, sisanya berangkat pada tanggal 7 Maret 2016.

“Namun saat pulang, tidak ada kejelasan. Makanya saya pulang sendiri dengan biaya tambahan sekitar 1.000 real,” ujar dia.

Sementara, perwakilan pihak travel Rindu Robbi, Muhammad Fadli membenarkan insiden tersebut. Namun, dia menampik jika semua jamaah pulang sendiri. Jamaah yang pulang dengan biaya sendiri tersebut, karena mereka tidak sabar. Mereka seharusnya pulang ke Indonesia pada tanggal 16 Maret 2016.

“Jumlahnya bukan 86 orang, tapi 83 orang yang berangkat. Sementara yang pulang dengan biaya sendiri itu ada 4-6 orang. Itu karena mereka tidak sabar,” ucapnya.

Ia menampik tudingan menelantarkan jamaah di Malaysia. Sebab, mereka bertanggung jawab selama di Negeri Jiran tersebut, meski ia mengaku ada penundaan keberangkatan. “Kami tidak terlantarkan. Kami berikan fasilitas hotel, makan dan city tour sebagai kompensasi,” ucapnya
Sumber: Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar