Sabtu, 30 April 2016

Paket Tour Muslim Halal Eksklusif Mancanegara

Semakin menjamurnya biro travel yang menyediakan paket tour muslim / wisata halal layak disambut gembira oleh masyarakat luas. Hal ini menandakan semakin sadarnya masyarakat akan hubungan ibadah dengan wisata. Walaupun dalam beberapa destinasi tidak memberikan jadwal kunjungan khusus ke tempat-tempat ibadah tertentu, namun perjalanan paket wisata halal ini diharapkan dapat menambah rasa syukur dan wawasan kita tentang kehidupan sehari-hari di negara lain yang mayoritas penduduknya beragama non-Islam.
Tujuan Adanya Paket Tour Muslim / Wisata Halal
Agama Islam membolehkan umatnya untuk mengadakan perjalanan wisata dengan tujuan:
  1. Mengaitkan perjalanan wisata (safar) dengan tujuan untuk beribadah yaitu haji dan umroh. Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah dalam salah satu hadistnya “Sesungguhnya wisatanya umatku adalah berjihad di jalan Allah” (HR. Abu Daud, 2486, dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam Shahih Abu Daud dan dikuatkan sanadnya oleh Al-Iraqi dalam kitab Takhrij Ihya Ulumuddin, no. 2641). Misal paket umroh plus wisata Turki.
  2. Wisata dalam Islam juga dikaitkan dengan ilmu dan pengetahuan. Islam telah tersebar ke hampir seluruh penjuru dunia sejak jaman dahulu kala. Maka beberapa paket tour muslim memiliki tujuan memperkenalkan kepada kita beberapa peninggalan dari agama Islam di berbagai negara. Bahkan kita dapat melihat kehidupan para mualaf muslim di banyak negara yang selama ini kita ketahui masyarakatnya mayoritas beragama selain Islam seperti di Cina, Jepang, Korea, Australia, Eropa dan Amerika. Misal paket tour muslim ke Asia, Eropa, Australia, dan Amerika.
  3. Perjalanan wisata halal diharapkan dapat menjadi pelajaran dan peringatan. Dengan mengunjungi tempat-tempat yang pernah dibangun di masa lampau kita dapat mengambil pelajaran untuk menambah keimanan kita kepada Allah SWT.
  4. Perjalanan wisata dalam Islam juga dipahami sebagai sarana untuk merenungi keindahan ciptaan Allah SWT sehingga dapat menjadi motivasi agar lebih taat dalam beribadah kepada Allah SWT.

Dengan mengetahui tujuan wisata dalam agama Islam diatas maka banyak bermunculan biro travel yang mengadakan paket tour dan perjalanan wisata yang bernilai ibadah, tidak hanya perjalanan haji yang telah menjadi rukun Islam dan kewajiban bagi umat Islam yang mampu, namun juga bagi mereka yang ingin menambah wawasan, pengetahuan, dan menjalin ukhuwah Islamiyah dengan pemeluk agama Islam yang berada di luar negeri.

paket-tour-muslim-wisata-halal-eksklusif
Nilai-nilai Istimewa Paket Tour Muslim / Wisata Halal
Dalam paket tour muslim juga terdapat hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan paket wisata halal. Paket wisata halal ini tidak hanya memberikan informasi tentang makanan dan minuman yang halal, namun juga memberikan jadwal waktu sholat sesuai dengan waktu setempat beserta lokasinya demi kenyamanan para calon wisatawan selama dalam perjalanan.

Beberapa biro travel hanya menyediakan makan pagi dan malam sedangkan makan siang Anda harus membayar sendiri di tempat wisata. Adapula yang hanya menanggung biaya makan untuk orang dewasa sedangkan bila Anda membawa anak-anak maka Anda perlu mengeluarkan biaya sendiri.

Selain itu juga berkenaan dengan hotel dan akomodasi yang akan Anda gunakan, sebagian ada yang ditanggung oleh biaya paket tour yang telah Anda bayar, adapula yang harus keluar dari kocek wisatawan sendiri sehingga Anda perlu mendapatkan informasi tentang jenis transportasi yang dapat digunakan di negara tersebut bila Anda ingin pergi sendiri, memanfaatkan waktu bebas yang diberikan oleh biro tersebut sesuai itinerary atau jadwal perjalanan.

Anda perlu mendapatkan keterangan terperinci apakah dengan uang yang telah Anda bayarkan Anda mendapatkan fasilitas sesuai yang dijanjikan. Serta menyiapkan dana cadangan untuk keperluan pribadi tertentu yang mendadak bisa Anda perlukan di tempat tujuan seperti tips untuk guide, biaya transportasi, makan tambahan, belanja pribadi dan sebagainya.

Pertanyaan Seputar Paket Tour Muslim / Wisata Islami
Pada saat mendaftar sebuah paket tour, Anda perlu menanyakan:
  1. Persyaratan dokumen apa saja yang diperlukan. Bila Anda belum memiliki paspor, maka biro travel akan membantu Anda untuk membuat paspor. Yang dibutuhkan antara lain Kartu Identitas (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan ijazah terakhir atau Akte Kelahiran.
  2. Berapa biaya pengurusan visa masuk ke negara yang Anda tuju karena masing-masing negara tujuan tidaklah sama tarif visanya. Anda juga harus memberikan salinan (fotocopy) rekening bank selama 3 bulan terakhir sebagai persyaratan untuk mendapatkan visa di beberapa negara tertentu.
  3. Informasi tentang paket tour itu sendiri beserta fasilitasnya.
  4. Berapa perkiraan dana tambahan untuk biaya-biaya seperti tips, visa, transportasi, dan sebagainya.
  5. Anda juga boleh menanyakan apakah sudah banyak orang yang pernah mengambil paket tour ke negara tersebut dan apakah kendala atau hal-hal yang harus diperhatikan oleh para calon wisatawan di negara tersebut terutama bila mengajak anak.
  6. Anda memerlukan informasi sedang musim apakah saat tanggal keberangkatan sehingga Anda dapat mempersiapkan perlengkapan dan perbekalan yang di perlukan. Bila paket yang ditawarkan ternyata ada pada musim dingin tentu Anda harus mempersiapkan baju hangat, sweater, atau sepatu khusus. Demikian pula untuk perjalanan di musim panas, perlengkapan apa saja yang harus Anda siapkan, sesuaikan pula dengan rencana kegiatan selama perjalanan wisata tersebut.
  7. Untuk makanan dan minuman, apakah pihak travel dapat menjamin kehalalannya atau para peserta dapat mencarinya sendiri.

Kebanyakan paket tour muslim yang diminati adalah ke negara-negara di Eropa atau Timur Tengah yang relatif dekat dengan tempat ibadah umroh. Sedangkan di kawasan Asia yang banyak dicari adalah paket tour ke Jepang, Korea, China dan Malaysia-Singapura.
Beberapa Contoh Biro Travel Tour Muslim / Wisata Islami
Beberapa travel yang mengadakan perbagai paket tour muslim dan wisata halal diantaranya adalah Dena Tour & Travel (disingkat Denatour), Cheria Wisata, Tazkia Travel, Muslim Holidays, dan lain-lain. Contoh paket wisata yang ditawarkan misalnya paket tour independent (minimum 2 orang), paket group yang mensyaratkan keberangkatan dengan jumlah minimal tertentu dalam pelaksanaannya, serta paket private yang memberikan fasilitas tour yang tidak sama dan tidak digabung dengan peserta lainnya.

Selain melayani paket haji dan umroh, biro travel ini juga menawarkan paket wisata nusantara (Indonesia), paket tour ke China, Malaysia-Singapura, Korea, Jepang, Thailand, Vietnam dan sebagainya.
Jenis Paket-paket Tour Muslim / Wisata Halal
Paket-paket tour muslim dan wisata halal terbagi dalam beberapa variasi sesuai budget dan tujuan kunjungan di beberapa tempat tertentu. Seperti misalnya Paket Tour Muslim Turki Romantic, Paket Tour Muslim Eropa Experience, Paket Tour Muslim Jepang 7 Hari, Paket Tokyo & Mount Fuji, Paket Tokyo & Tokyo Disneyland, Paket Favourite Discover Paris, Paket America Discovery dan sebagainya. Adapula yang disebut dengan Paket Australia Fantastic, Paket Charming London dan Paris, Paket Osaka Tour dan sebagainya.

Perlu diketahui pula bahwa di negara-negara tertentu dapat terjadi peak season atau puncak lonjakan wisatawan karena tempat tujuan wisata tersebut memang menjadi destinasi favorit di waktu tersebut. Misalnya Jepang dan Itali saat musim semi, Swiss saat musim dingin dan musim panas di kawasan pantai di Australia dan lain-lain. Bahkan ada pula tempat-tempat yang selalu ramai dikunjungi dalam musim apapun, seperti Paris dan Roma.
Harga Paket Tour Muslim
Harga tiap paket tour sangat bervariasi, mulai 500 USD hingga 1200 USD per orang untuk tujuan negara-negara di Asia. Sedangkan untuk tujuan negara di Eropa, Australia dan Amerika, harga paket tournya berkisar antara 2000 USD hingga 3200 USD. Perbedaan harga paket tour ini bergantung pada fasilitas yang akan Anda dapatkan di tempat tujuan, armada penerbangan apa yang akan digunakan, dan berapa lama waktu yang ditawarkan, biasanya rata-rata lamanya adalah 7 hari 6 malam.

Masing-masing biro travel memiliki kebijakan dan ketentuan tersendiri. Harga paket tour rombongan dan individual dapat berbeda, bahkan ada biro travel yang dapat memberikan potongan harga bila mendaftar beserta rombongan dengan minimal jumlah tertentu, misalnya minimal 16 orang dalam satu rombongan dan lain-lain.
Sumber: www.denatourtravel.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar